Minggu, 14 Oktober 2012

Orang Bodoh

Ada seorang pemuda yang dicap bodoh oleh orang-orang karena wajahnya terlihat bodoh. Orang-orang di pasar senang mengerjainya. Caranya yaitu
dengan meletakkan koin bernilai 5 dollar di tangan kiri dan 10 dollar di tangan kanan. Setelah itu, orang-orang akan menyuruhnya mengambil koin yang nilainya lebih besar. Kalau kamu yang ditawari salah satu dari koin tersebut, kemungkinan besar akan memilih koin yang bernilai 10 dollar bukan? Wong lebih untung!

Tapi pemuda itu justru malah memilih koin bernilai 5 dollar. Edan memang, karena itu, orang-orang yang mengerjainya tertawa terbahak-bahak dan sering mengerjainya seperti itu.

Suatu kali, ada seorang wanita setengah baya yang tidak tega melihat pemuda itu dikerjai lalu diolok-olok. Ia memanggil pemuda itu.

"Nak, kamu bisa berhitung gak?"tanya si wanita.

"Bisa kok,"jawab si pemuda.

"Kalau begitu, kamu sadar gak kalau mereka itu mengerjai kamu?"tanya wanita itu lagi.

Si pemuda tersenyum. "Bu, sebenarnya saya bisa saja memilih koin yang bernilai 10 dollar. Tapi kalau saya memilih itu, saya tidak akan mendapatkan uang dari mereka lagi."

Nah loh, sekarang siapa yang bodoh?

Moral: Jangan menilai orang dari penampilannya saja & jangan menilai suatu tindakan sebelum tahu maksud sebenarnya dari tindakan itu.

1 komentar: